Jumat, 01 Januari 2010

Pengantar

Belajar Akuntansi itu mudah !!!

Begitulah kesan sebagian mahasiswa atau pelajar yang mulai belajar akuntansi. Sebagian lainnya mempunyai kesan yang sebaliknya, yaitu bahwa akuntansi itu sulit dipelajari. Bagaimana yang sebenarnya, mudah atau sulit...?
Setiap pelajaran ada pelajaran dasar yang harus difahami terlebih dahulu, demikian juga dengan pelajaran akuntansi keuangan.
Materi pelajaran akuntansi keuangan di bangku kuliah dibagi dalam beberapa semester yang umumnya masing2 semester mempelajari pelajaran : akuntansi dasar, akuntansi lanjutan I dan akuntansi lanjutan II (principal accounting, intermediate accounting dan advance accounting).
Dasar pelajaran akuntansi keuangan adalah Principal accounting atau akuntansi dasar. Setiap orang/mahasiswa/pegawai yang memulai belajar akuntansi keuangan tidak perlu punya atau memahami pelajaran lainnya selain pelajaran dasar akuntansi/principal accounting. Tidak seperti pelajaran teknik sipil atau teknik elektro atau teknik komputer  misalnya, untuk dapat mengikuti pelajaran2 tersebut maka seseorng harus menguasai dulu pelajaran matematika dan fisika, jika tidak maka tidak akan dapat memulai  pelajaran2 tersebut.
Lain halnya dengan pelajaran akuntansi, setiap orang dengan latar belakang pendidikan apapun, SMA IPA,SMA IPS atau SMK SEMUA JURUAN dapat mempelajari akuntansi, karena saat mereka memulai belajar akuntansi maka saat itulah mereka memulai belajar dasar akuntansi.
Tulisan dalam halaman2 berikut adalah tulisan mengenai dasar2 akuntansi. Dengan tulisan-tulisan tesebut penulis mengharapkan para pelajar dan mahasiswa atau para pegawai yang  akan memulai belajar akuntansi dapat lebih mudah mempelajari referensi/buku-buku akuntansi lainnya.

Setelah membaca tulisan-tulisan ini, pembaca akan menyimpulkan sendiri.... apakah akuntansi itu sulit atau mudah......

Selamat membaca tulisan selanjutnya....…

Tidak ada komentar: